Monday, April 15, 2013

SISTEM OPERASI

1. Apa yang dimaksud sistem :
a. Batch system?
Batch system dikenalkan pada generasi kedua (1955-1965). Batch sistem adalah suatu teknik pengurutan kerja secara otomatis untuk menghindari waktu menganggurnya CPU. Tugas ini dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
b. Apa yang di maksud multiprograming?

Multi progrmming adalah melakukan banyak program secara sekaligus Dengan multiprogramming komputer dapat melayani banyak pemakai sekaligus. Para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer. 
c. Apa itu time sharing?
Time sharing adalah sifat sistem operasi yang memperbolehkan penggunanya untuk berkomunikasi secara interaktif dalam waktu yang bersamaan. Time sharing digunakan untuk menigkatkan kerja komputer dengan melampaui batas operasi (overlap) CPU dan I/O dalam satu mesin. 
d. Apa itu paralel / multiprocessor?
Paralel / mutiprocessor adalah sistem yang mempunyai lebih dari satu processor yang dapat berkomunikasi, membagi bus, clock, dan juga perangkat memori dan perpheral.
e. Apa itu terdistribusi?
Sistem terdistribusi adalah sekumpulan processor yang tidak berbagi memori atau clock. Tiap prosesor mempunyai memori sendiri. Processor tersebut terhubung melalui jaringan komunikasi Sistem terdistribusi menyediakan akses pengguna ke bermacam sumber-daya sistem.
f. Apa itu cluster?
Cluster adalah sekelompok komputer yang memungkinkan dua atau lebih sistem untuk membagi penyimpanan sekunder(storage) bersama-sama.
g. Apa itu real time?
Real time adalah sistem yang digunakan jika sistem operasi memerlukan waktu dari ketepatan atau aliran
h. Apa itu handhled?
Handheld computer adalah komputer yang cukup kecil sehingga dapat digenggam yang memiliki memori terbatas, kecepatan rendah dan layar yang kecil.
2. Apa perbedaan single programing dan multi programing?
Single programming adalah satu processor yang mengerjakan satu program yang ada di memori utama, sedangkan multi programing adalah satu processor yang dapat mengerjakan banyak program yang ada pada memori utama.
3. Apa perbedaan symmetric  dan asymmetric multiprocessing?
Pada symmetric multi processing tiap processor mempunyai sistem operasi yang sama dan dapat melakukan komunikasi antarprocessor, sedangkan asymmetric multiprocessor satu processor berfungsi sebagai master processor yang bertugas mengatur penjadwalan dan mengalokasikan kerja tiap processor dan processor lain berfungsi sebagai slave.
4. Apa perbedaan sistem paralel dan sistem terdistribusi?
Pada sistem paralel tiap processor dapat menggunakan memori atau clock bersama-sama, sedangkan pada sistem terdistribusi kumpulan processor tidak dapat digunakan secara bersamaan.
5. Perbedaan sistem terdistribusi dan sistem terklaster?
Pada sistem distribusi processor berkomunikasi dengan processor yang lainnya. Sedangkan sistem terkluster memungkinkan dua atau lebih sistem untuk membagi penyimpanan sekunder  (storage) bersama-sama.
6. Apa yang dimaksud symmetric dan asymmetric clustering?
Pada symmetric clustering semua host menjalankan aplikasi, sedangkan asymmetric clustering  satu server menjalankan aplikasi sementara server lainnya standby.
7. Apa keuntungan menggunakan sistem terdistribusi?
a. Tiap user dapat membagi resource.
b. Dapat meningkatkan kecepatan komputasi.
c. Apabila satu komponen kerusakan, sistem tetap berjalan
d. Mudah dalam melakukan penambahan komponen.

Artikel Terkait sistem operasi ,soal-soal ,tutorial

1 comment: